BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
- Kinerja atau Pelaksanaan Penanganan Dokumen Pemberitahuan Impor Barang (BC2.0), yaitu sumbu X rata- rata dari rata- rata yang dihasilkan adalah 4,05 yang artinya para pelanggan dari PT.Big Ocean Transportama, merasa puas.
- Kepentingan atau Harapan Pelanggan Terhadap Dokumen Pemberitahuan Impor Barang (BC2.0), yaitu sumbu Y rata- rata dari rata- rata yang dihasilkan adalah 4,54 yang artinya pelanggan dari PT.Big Ocean Transportama, selama ini merasa puas.
- Tingkat kesesuaian antara pelayanan dan kepuasan terhadap pemberitahuan impor barang (BC2.0) pada PT.Big Ocean Transportama, adalah 89,58% yang artinya para pelanggan dari PT.Big Ocean Transportama, merasa puas.
B. Saran- saran
- Disarankan kepada manajemen perusahaan PT.Big Ocean Transportama agar lebih memperhatikan atribut-atribut yang cendrung masuk ke Kuadran A, yaitu Ketepatan waktu pengiriman petikemas/barang; Jumlah karyawan staf yang ada cukup memadai, ahli dan profesional terhadap penanganan dokumen impor, terutama pada bagian operasional; Penambahan fasilitas sarana alat transportasi untuk menunjang kecepatan pengiriman petikemas/ barang; Efektif dan efisiensi waktu penukaran surat perintah delivery order.
- Disarankan kepada manajemen perusahaan PT.Big Ocean Transportama agar meningkatkan kualitas atribut-atribut yang masuk ke Kuadran C, yaitu kepentingan sistem, prosedur yang baik dan teratur untuk mendukung kelancaran proses dokumen; dan diadakannya training atau pelatihan kepada karyawan setiap tahunnya untuk meningkatkan kerjasama profesional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar