Mengenai Saya

Foto saya
Saya kelahiran 25 tahun yang lalu. Teman- teman akrab memanggil saya dengan nama Sherly. Saya adalah Alumni D3 Manajemen Transportasi Laut STMT TRISAKTI Jakarta sekaligus Alumni S1 setempat dan saya pun bekerja pada salah satu Perusahaan Freight Forwarder di Jakarta.

Selasa, 11 Oktober 2011

III Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Penanganan Dokumen Pemberitahuan Impor Barang (BC 2.0) pada PT. Big Ocean Transportama Jakarta

BAB III

GAMBARAN UMUM PT. BIG OCEAN TRANSPORTAMA

A. Sejarah Singkat Perusahaan

PT. Big Ocean Transportama adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa Freight Forwarder dan Ekspedisi Muatan Kapal Laut atau Udara (EMKL/EMKU) yang didirikan pada 20 Januari 2000 dengan akte notaries R.Muhammad Hedarmawa,.SH No.8 dengan nama PT. Big Ocean Transportama, merupakan Perusahaan Modal Asing (Korea) dengan No.916/PMA/1999 pada tertanggal 28 Desember di Indonesia. Kini PT. Big Ocean Transportama berdomisili pada Kokan Permata Kelapa gading Blok C No.18, Jl. Boulevard Raya Kelapa gading Jakarta Utara.

Sejak berdiri sampai saat ini PT. Big Ocean Transportama yang telah berjalan selama 10 tahun dan sudah banyak kendala dan hambatan yang dihadapi namun berkat upaya kerja keras dari manajemen dan kerjasama sesama karyawan maka tahapan krisis yang dihadapi dapat terlewati dengan baik, sementara masih banyak perusahaan Freight forwarder dan Ekspedisi Muatan Kapal Laut/ Udara lain yang hancur dengan situasi perekonomian yang belum membaik dan akhirnya berakibat gulung tikar. Kini PT. Big Ocean Transportama sudah berkembang dengan baik dan merupakan salah satu Perusahaan Freight forwarder dan Ekspedisi Muatan Kapal Laut/ Udara (EMKL/ EMKU) terbaik di Indonesia yang keberadaannya dapat diperhitungkan oleh Perusahaan Freight forwarder dan EMKL/ EMKU lainnya.

Pada karirnya PT.Big Ocean Transportama selalu menjaga kepuasan pelayanan terhadap para pelanggan dan berkomitmen untuk melayani dengan kualitas pelayanan terbaik dari para pesaingnya.

PT.Big Ocean Transportama mampu menjaga reputasi yang baik demi kerjasama yang baik perusahaannya memiliki staf ahli dibidangnya masing-masing dan handal menangani segala jenis dokumen, dengan keahliannya, pengalaman, profesionalitas serta memiliki kedisplinan yang tinggi mampu menjadi yang lebih baik dari pada pesaingnya tentunya dengan ilmu pengetahuan dan banyak pengalaman untuk menangani seluruh aspek- aspek pada perusahaan freight forwarding.

Visi dan Misi

Visi PT.Big Ocean Transportama

“Menjadi perusahaan freight forwarder dan transportasi logistik utama yang terbaik dengan penyediaan fasilitas dan pelayanan terpercaya kepada pelanggan”

Misi PT.Big Ocean Transportama

  1. Mendukung pelayanan kepabeanan yang efisien dan efektif untuk menjamin daya saing perindustrian transportasi logistik
  2. Melayani sistem distribusi muatan kapal laut dan udara dengan bongkar muat yang efisien, efektif dan aman sampai ketempat tujuan
  3. Mampu memberi solusi terbaik dalam permasalahan pada dunia logistik dan transportasi yang profesional
  4. Memupuk keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan
  5. Mendukung kesejahteraan karyawan demi kemajuan perusahaan

B. Organisasi dan Manajemen Perusahaan

  1. Struktur Organisasi

Adanya struktur yang mapan sangat diperlukan untuk menjamin agar rencana perusahaan dapat dilaksanakan. Bentuk Struktur Organisasi PT. Big Ocean Transportama adalah organisasi garis (Lini).

Gambar III.1

Struktur Organisasi PT.Big Ocean Transportama

Sumber : PT.Big Ocean Transportama,2010

  1. Manajemen Organisasi

Berikut pemegang wewenang lini pada PT.Big Ocean Transportama yang memiliki kekuasaan, hak dan tanggung jawab keputusan, dan kebijakan agar tercapainya tujuan perusahaan :

1. Komisaris

Memiliki wewenang untuk mengawasi bentuk- bentuk perizinan sesuai dengan peraturan yang berlaku pada pemerintah Indonesia mewakili PT.Big Ocean Transportama. yang merupakan Perusahan Modal Asing serta mewakili dari pemegang saham.

2. Direktur Utama

Memiliki wewenang dalam menetapkan kebijakan perusahaan, mengkoordinir, mengawasi dan menetapkan tugas serta tanggung jawab kepada bawahannya untuk mencapai tujuan peusahaan yang ditetapkan.

3. Direktur

Tugas utamanya adalah membuat rencana anggaran perusahaan dan mengganggarkan seluruh nilai pendapatan dan pengeluaran PT.Big Ocean Transportama termasuk semua divisi usaha operasional.

4. Manajer Ekspor dan Impor

Tugas utamanya adalah sebagai berikut :

a. Merencanakan, mengorganisasikan dan mengendalikan fasilitas pelaksana operasional pelayanan dokumen dan pengiriman muatan/ barang ekspor atau impor maupun antar pulau.

b. Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan fasilitas pelayanan petikemas ekspor impor maupun antar pulau melalui transportasi (trucking service) yang meliputi :

1). Kegiatan Pengiriman Barang

2). Kegiatan Pemuatan Barang

3). Kegiatan Bongkar Barang

c. Mengusulkan dan mengkaji dokumen kontrak kerja dengan pelanggan.

d. Mengawasi dan menerima laporan jalannya proses kegiatan ekspor atau impor yang dikerjakan oleh bagian staf dan operasional lapangan sesuai sistem dan prosedur kerja baik secara teknis maupun administratif.

5. Staf Ekspor dan Impor

Tugas utamanya adalah sebagai berikut :

a. Menerima dokumen dari customer (pelanggan) sebagai job order dan mencari informasi dari pihak pelayaran, freight forwarder, perusahaan bongkar muat, gudang dll.

b. Merencanakan, mengkoordinasikan kelengkapan jenis dokumen dari pihak terkait seperti pelayaran, agent, PBM (perusahaan bongkar muat) dll, serta merencanakan jadual pengiriman sesuai order (permintaan pelanggan) dan mengkoordiiansikan dengan bagian trucking.

c. Memberikan informasi tahapan proses kerja baik yang akan dilakukan maupun yang telah dilakukan secara berkala kepada pelanggan

d. Memberikan laporan daily sebagai hasil monitoring kepada manajer

6. Operasional Ekspor dan Impor

Tugas utamanya adalah sebagai berikut :

a. Menerima dokumen dari staf Ekspor atau Impor

b. Merencanakan, mengorganisasikan, dokumen secara keseluruhan untuk proses custom clearance (pengurusan dokumen kepabeanan)

c. Melaporkan seluruh kegiatan yang direncanakan atau yang telah dilaksanakan pada custom clearance kepada staf Ekspor atau Impor

d. Mengawasi proses pemuatan atau bongkar barang hingga ke tempat tujuan.

7. Courier dan Driver

Tugas utamanya adalah sebagai berikut :

a. Membantu staf ekspor dan impor dalam proses pengambilan Dokumen, surat pengantar, surat D/O maupun B/L yang sesuai pada perusahaan terkait.

b. Untuk supir- supir box bertindak sebagai carier pengangkut muatan baik itu yang akan dimuat maupun dibongkar dari dan atau ke tempat tujuan dengan efisien dan aman.

C. Kegiatan Usaha PT.Big Ocean Transporatama

Ruang lingkup kegiatan pelayanan saat ini kegiatan usaha dikelompokkan kedalam 3 (tiga) unit usaha strategis yaitu : Export/Import Document,

Custom Clearence Service, dan Door to door cargo handling service

  1. Export/Import Agent Document

Sebagai penyedia jasa pelayanan terhadap dokumen baik ekspor maupun impor, PT. Big Ocean Transportama selalu berupaya untuk mengembangkan cakupan pelayanan dan penetasi pasar dengan menjawab keinginan pelanggan serta berusaha memberikan layanan yang ramah, cepat, aman dan biaya yang kompetitif. Fasilitas Export/Import Document untuk melayani dan menangani kegiatan penerbitan dokumen dari berbagai negara untuk impor khususnya dari Negara Korea (Busan dan Incheon), Hongkong, China (Shanghai, Censen, Tiajin, Guangzhou) dan India (Mumbai) sedangkan negara tujuan untuk ekspor hanya Negara Korea (Incheon dan Busan)

Jenis Kegiatan Usaha

a. Penerbitan Bill of Lading (B/L)

b. Penerbitan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) BC3.0 dan Pemberitahuan Impor Barang (PIB) BC2.0 melalui sistem EDI (Electronic Data Interchange).

  1. Custom Clearence Service ((Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan)

Merupakan penyedia pelayanan yang khusus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam menangani dokumen agar dapat diproses segala bentuk kepabeanannya pada saat custom clearance di Bea Cukai. Karyawan yang handal, cepat dan tepat dalam menangani setiap dokumen mampu memberi solusi terbaik untuk efisiensi dan efektifnya setiap penanganan dokumen hal ini pun menjadi tolok ukur PT. Big Ocean Transportama dalam memenuhi seluruh kebutuhan para pelanggannya demi tercapainya arti kepuasan terhadap pelanggan

Berbagai negara tujuan ekspor untuk pelayanan kepabeanan yaitu Australia (Sydney dan Brisbane) Jepang (Osaka, Mizushima, Kobe, Nigata, Tokyo dan Yokohama) Eropa (Le Havre, Hamburg, Rotterdam,) Inggris (Felixstowe, Preston, Hatfield) Amerika (NewYork, Norfolk, Ontario, Mundeleien, Karsen, Texas, Dallas), Sedangkan berbagai negara untuk pelayanan kepabeanan impor khususnya dari Korea (Busan dan Incheon), Hongkong, China (Shanghai, Censen, Tiajin, Guangzhou) dan India (Mumbai).

Jenis Kegiatan Usaha

a. Kegiatan custom clearence dokumen ekspor dan impor melalui laut

b. Kegiatan custom clearence dokumen ekspor dan impor melalui udara

  1. Door to door Cargo Handling Service

Merupakan penyedia pelayanan yang khusus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam mengirim atau menyerahkan barang sesuai dengan permintaan sampai ke tempat tujuan. Tepat waktu, efisien, dan aman dalam melaksanakan kegiatan bongkar maupun muat barang mampu menjadi keunggulan dari kepecayaan yang telah diberikan oleh pelanggan.

D. Fasilitas dan Peralatan PT.Big Ocean Transportama

Tabel III.1

Fasilitas dan Peralatan PT.Big Ocean Transportama

Nama Fasilitas dan Peralatan

Keterangan

Kapasitas

Komputerisasi Sistem EDI

(Electronic Data Interchange) modul PIB dan PEB versi 5

1 (satu) Unit

-

Mobil fuso

1 (satu) Unit

9 Ton

Mobil Box

3 (dua) Unit

3,5 Ton

Mobil Box

2 (satu) Unit

0,5 Ton

Trailer dan HeadTruck (outsourcing)

30 (tiga puluh) Unit 20’ (dua puluh feet)

30 Cbm

Trailer dan HeadTruck (outsourcing)

40 (empat puluh) Unit 40’ (empat puluh feet)

60 Cbm

Sumber : PT. Big Ocean Transportama,2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar